Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Produktivitas Tenaga Kerja Pada Home Industri Sepatu Kota Surabaya (Studi Kasus Tenaga Kerja Bagian Produksi Ukm Home Industri Sepatu Ud. Perkasa Surabaya)

Type Journal Article - Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB
Title Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Produktivitas Tenaga Kerja Pada Home Industri Sepatu Kota Surabaya (Studi Kasus Tenaga Kerja Bagian Produksi Ukm Home Industri Sepatu Ud. Perkasa Surabaya)
Author(s)
Volume 2
Issue 2
Publication (Day/Month/Year) 2014
URL http://jimfeb.ub.ac.id/index.php/jimfeb/article/viewFile/1037/951
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dari pemberian upah, masa kerja, usia dan beban tanggungan terhadap produktivitas kerja karyawan UD Perkasa Surabaya, sehingga diperoleh hasil apakah keempat variabel tersebut yang telah diberikan selama ini bisa meningkatkan produktivitas kerja karyawan atau tidak. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui 2 (dua) cara, yaitu wawancara terhadap narasumber dan kuesioner. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 30 responden. Analisis data yang digunakan adalah uji asumsi klasik dan analisis regresi linier berganda, dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh upah, masa kerja, usia dan beban tanggungan terhadap produktivitas kerja karyawan di UD Perkasa Surabaya. Variabel independen dalam penelitian ini adalah usia (X1), masa kerja (X2), beban tanggungan (X3) dan upah(X), sedangkan variabel dependen adalah produktivitas kerja karyawan (Y). Hasil dari penelitian ini berdasarkan analisis data dan pengujian hipotesis yang dilakukan, yaitu variable upah (X4) berpengaruh signifikan terhadap variabel produktivitas kerja karyawan (Y), selain itu variabel independen yang memberikan pengaruh dominan terhadap variabel dependen adalah upah (X4). Hal ini berarti bahwa masa kerja, usia,beban tanggungan dan upah karyawan memberikan dampak yang cukup besar dalam meningkatkan produktivitas kerja karyawan yang semakin menyempurnakan kualitas produk sepatu UD Perkasa Surabaya, namun berdasarkan penelitian faktor upah lah yang paling utama

Related studies

»
»
»
»
»