Strategi Pengembangan Usaha Restoran (Studi Kasus: Restoran Seafood Pasir 7 Pasar Ikan Segar, Kampung Sawah, Kota Jakarta Selatan)

Type Working Paper
Title Strategi Pengembangan Usaha Restoran (Studi Kasus: Restoran Seafood Pasir 7 Pasar Ikan Segar, Kampung Sawah, Kota Jakarta Selatan)
Author(s)
Publication (Day/Month/Year) 2010
URL http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/60537?show=full
Abstract
Indonesia merupakan salah satu Negara kepulauan besar di dunia dengan luas wilayah perairan (5,9 juta km2) lebih besar dibandingkan dengan daratan (1,8 juta km2) yang hanya sepertiga kalinya. Hal ini membuat Indonesia memiliki potensi perikanan dan kelautan yang menjanjikan. Dalam usaha industri pengolahan ikan, usaha rumah makan atau restoran hidangan laut (seafood) merupakan salah satu usaha pengolahan sumberdaya perikanan segar, beku, maupun olahan menjadi jenis makanan siap saji. Selain untuk memenuhi kebutuhan primernya, minat masyarakat mengunjungi restoran dipengaruhi juga oleh perubahan pola pikir, kesadaran asupan gizi, gaya hidup, dan tuntutan waktu kerja padat sehingga membutuhkan kecepatan dalam mendapatkan penyajian makanan. Pendataan yang dilakukan oleh Badan Survei Sosial Ekonomi Nasional Tahun 1996,2006-2009 menunjukan pertumbuhan positif konsumsi atas makanan jadi per kapita. Dalam skala nasional, hasil dari perkembangan minat dan daya beli masyarakat selalu meningkat terhadap konsumsi makanan jadi dengan rata-rata peningkatan sebesar 1,035 persen per tahun per kapita. Fakta lainnya ditunjukan oleh perubahan positif jumlah konsumsi makanan jadi di DKI Jakarta. Dengan peningkatan sebesar 28.793 (rupiah) dari tahun 2008 ke tahun 2009, atau sebesar 65,35 persen dari total peningkatan konsumsi terhadap makanan. Hal ini membuktikan terbukanya kesempatan bisnis bidang culinary. Peran besar yang diberikan Sektor Perdagangan-Hotel-Restoran pada peningkatan PDRB DKI Jakarta untuk tahun 2009 sebesar 5,04 persen yang mendapat pengaruh persentase pemasukan terbesar kedua dari sektor ini yaitu sebesar 1,05 persen (atau 20,83 persen dari total peningkatan PDRB DKI Jakarta). Informasi ini menjadikan usaha di bidang restoran semakin menjanjikan. Salah satu restoran unik dan sedang berkembang saat ini adalah Restoran Pasir 7 Pasar Ikan Segar yang berlokasi di Jakarta Selatan yang notabene jauh dari laut. Posisi Restoran yang terletak langsung di pinggir Jalan Raya Depok dengan tingkat mobilitas masyarakat yang tinggi sebagai jalan penghubung pekerja kotakota besar (commuter) yaitu Jakarta-Depok-Bogor. Dalam perkembangan usaha dan kemampuan bertahan dari adanya usaha sejenis, perusahaan restoran Pasir 7 Pasar Ikan Segar ini akan membutuhkan strategi untuk dapat berkembang dan tetap bertahan. Keseluruhan informasi dan data ini menyatakan bahwa terdapat potensi Restoran Pasir 7 Pasar Ikan Segar untuk mengembangkan usahanya.

Related studies

»
»
»
»
»
»
»
»
»