Pengaruh Kondisi Individu Dan Sosial-Ekonomi Terhadap Keputusan Menjadi Commuter Ke Kota Jakarta (Studi pada Tenaga Kerja Sektor Formal dari Bogor dan Depok yang Menggunakan Kereta Commuter Line)

Type Journal Article - Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB
Title Pengaruh Kondisi Individu Dan Sosial-Ekonomi Terhadap Keputusan Menjadi Commuter Ke Kota Jakarta (Studi pada Tenaga Kerja Sektor Formal dari Bogor dan Depok yang Menggunakan Kereta Commuter Line)
Author(s)
Volume 2
Issue 2
Publication (Day/Month/Year) 2014
URL http://jimfeb.ub.ac.id/index.php/jimfeb/article/download/1072/984
Abstract
Pola mobilitas penduduk di Indonesia telah bergeser dari mobilitas permanen menjadi mobilitas non permanen seperti yang terjadi antara Jakarta dengan Bogor dan Depok. Jakarta berperan sebagai kota besar yang berperan sebagai metropolis. Bogor dan Depok sebagai kota satelit bagi Jakarta yang berperan sebagai wilayah suburban. Terdapat interaksi antara metropolis dengan wilayah suburban yang ditandai dengan fenomena suburbanisasi, commuting dan commuter. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis pengaruh kondisi individu dan sosial-ekonomi terhadap keputusan tenaga kerja sektor formal pada wilayah suburban menjadi commuter ke Kota Jakarta pada migran kawasan Bogor dan Depok yang menggunakan kereta commuter line. Untuk mencapai tujuan digunakan data primer melalui instrumen kuesioner dengan 90 responden serta data sekunder dari instansi terkait dan literatur yang bersumber dari buku maupun jurnal. Penelitian ini dilakukan di kawasan Bogor (Stasiun Bogor, Cilebut dan Bojong Gede) dan Depok (Stasiun Citayam, Depok Lama dan Depok Baru). Analisis yang digunakan adalah binary logistic regression. Hasil dari analisis binary logistic regression dalam penelitian ini menunjukkan bahwa dari 6 variabel independen terdapat 3 variabel independen yang berpengaruh secara signifikan terhadap probabilitas keputusan tenaga kerja menjadi commuter antara lain: status perkawinan, gender, dan sarana transportasi massal/commuter line sedangkan 3 variabel antara lain: tingkat pendidikan, usia dan pendapatan tidak berpengaruh secara signifikan terhadap probabilitas keputusan tenaga kerja menjadi commuter.

Related studies

»