Gambaran Pengetahuan, Sikap, Perilaku Ibu Usia Subur tentang AKDR dalam Program Keluarga Berencana di Kelurahan 30 Ilir tahun 2011.

Type Working Paper
Title Gambaran Pengetahuan, Sikap, Perilaku Ibu Usia Subur tentang AKDR dalam Program Keluarga Berencana di Kelurahan 30 Ilir tahun 2011.
Author(s)
Publication (Day/Month/Year) 2015
URL http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/25684/1/Syarah Amrina - fkik.pdf
Abstract
Beberapa penelitian menunjukkan rendahnya pengunaan AKDR dibanding alat kontrasepsi lainnya yang dipengaruhi bermacam faktor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pengetahuan, sikap, dan perilaku ibu usia subur tentang AKDR di Kelurahan 30 Ilir. Penelitian ini menggunakan desain penelitian studi deskriptif dengan sampel sebanyak 106 ibu usia subur. Responden mengisi kuesioner yang disertai wawancara terpimpin oleh peneliti. Data dianalisis dengan univariat. Hasil penelitian menunjukkan responden yang memiliki pengetahuan baik tentang AKDR dalam program KB sebesar 42,5%, bersikap positif tentang AKDR dalam program KB sebesar 40,6%, berpartisipasi dalam program KB sebanyak 57,5%, pengguna AKDR dalam program KB sebanyak 1,9%, dan yang berpartisipasi dalam pengontrolan AKDR sebesar 3,8%.

Related studies

»