Gambaran Komunikasi Informasi Dan Edukasi Generasi Berencana Dalam Upaya Pendewasaan Usia Perkawinan (Studi Kuantitatif Di Kecamatan Bondowoso Kabupaten Bondowoso Tahun 2014)

Type Thesis or Dissertation - Thesis
Title Gambaran Komunikasi Informasi Dan Edukasi Generasi Berencana Dalam Upaya Pendewasaan Usia Perkawinan (Studi Kuantitatif Di Kecamatan Bondowoso Kabupaten Bondowoso Tahun 2014)
Author(s)
Publication (Day/Month/Year) 2015
URL http://repository.unej.ac.id/bitstream/handle/123456789/65858/102110101093_Dhimas​Herdhianta.pdf?sequence=1
Abstract
Masalah bidang kependudukan utama yang dihadapi Indonesia yaitu semakin meningkatnya jumlah penduduk dari tahun ke tahun. Menurut Sensus Penduduk (SP) tahun 2010, seperempat lebih atau sekitar 63 juta jiwa (26,7 persen) dari jumlah penduduk Indonesia (237.641.326 jiwa) adalah remaja usia 10-24 tahun. Berdasarkan perkembangannya, jumlah yang besar tersebut diikuti juga dengan kualitas permasalahan yang sangat kompleks seiring dengan masa transisi yang dialami remaja. Hasil data SDKI tahun 2012 menunjukkan median usia kawin pertama berada pada usia 20.1 tahun. Sementara itu menurut data SUSENAS 2013 Bondowoso merupakan kota yang memiliki angka pernikahan dini tertinggi di Jawa Timur dengan angka 53,26%. Untuk mengatasi permasalahan pernikahan dini maka diperlukan Komunikasi Informasi dan Edukasi (KIE) dalam hal ini KIE generasi berencana dalam upaya pendewasaan usia perkawinan. KIE mengacu pada intervensi program yang komprehensif, yakni merupakan bagian integral dari program pembangunan suatu negara, yang bertujuan untuk mencapai perubahan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bertujuan menggambarkan komunikasi informasi dan edukasi generasi berencana dalam upaya pendewasaan usia perkawinan. Sasaran dari penelitian ini adalah penyuluh dan siswa SMKN 2 Bondowoso. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan wawancara dan pengisian angket oleh responden. Analisis data dalam penlitian ini merupakan analisis deskriptif dengan cara menggambarkan data yang telah terkumpul.

Related studies

»