Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Pola Pemberian Asi Pada Bay1 Usia Empat Bulan (Analisis Data Susenas 2001)

Type Journal Article - Media Penelitian dan Pengembangan Kesehatan
Title Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Pola Pemberian Asi Pada Bay1 Usia Empat Bulan (Analisis Data Susenas 2001)
Author(s)
Volume 13
Issue 3 Sept
Publication (Day/Month/Year) 2003
URL http://bpk.litbang.depkes.go.id/index.php/MPK/article/view/1055
Abstract
Berdasarkan data SDKI 1994 dan 1997 dilaporkan bahwa ibu-ibu yang memberikan ASI eksklusif kepada bayinya dibawah 4 bulan baru mencapai 47% dan 52%. Angka ini jauh dari target yang harus dicapai dalam Repelita VI yaitu sebesar 80%. Untuk mencapai target ini perlu usaha yang keras melalui penyuluhan kepada masyarakat luas.

Analisis telah dilakukan menggunakan data Susenas 2001 dengan tujuan untuk mengetahui gambaran tentang pola Pemberian ASI pada bayi usia 4 bulan, serta faktor-faktor yang mem­pengaruhinya. Rancangan penelitian adalah cross sectional, dengan populasi ibu-ibu yang mem­ punyai bayi berusia 4 bulan. Karakteristik ibu yang diteliti meliputi: usia ibu, pendidikan, status pekerjaan, lama kerja, tempat-tinggal, sosial ekonomi, penolong kelahiran dan pemakaian kontra­ sepsi.

Dari hasil analisis didapatkan: proporsi pemberian ASI pada bayi kelompok usia 0 bulan sebesar 73,1%, 1 bulan 55,5%, 2 bulan 43%, 3 bulan 36% dan kelompok usia 4 bulan 16,7%. Dengan bertambahnya usia bayi terjadi penurunan pola pemberian AS! sebesar 1,3 kali atau sebesar 77,2%. Hasil analisis bivariat ditemukan bahwa variabel tempat tinggal dan sosial ekonomi mempunyai hubungan yang sangat signifikan terhadap pola pemberian ASI. Sedangkan hasil analisis multivariat ditemukan bahwa faktor dominan yang mempengaruhi pola pemberian ASI adalah variabel sosial ekonomi. lbu dengan sosial ekonomi rendah mempunyai peluang 4,6 kali untuk memberikan ASI dibanding ibu dengan sosial ekonomi tinggi.

Disarankan untuk memotivasi ibu memberikan ASI secara eksklusif adalah melalui pemberdayaan petugas kesehatan serta pengadaan tempat pemberian ASI (TPA) ditempat ibu bekerja.

Related studies

»
»